Great Team


          Great Team terdiri dari dua suku kata, yang merupakan bahasa Inggris dengan artian “Great” yaitu hebat (Anwar, 2001: 170) dan “Team” yaitu tim atau kelompok yang bekerja sama atau regu (Anwar, 2001: 298). Sedangkan secara istilah menurut penulis, great team berarti sekumpulan orang-orang yang bekerjasama dalam satu kelompok dengan tujuan mewujudkan keinginan bersama, dimana masing-masing individu memiliki sejumlah kompetensi yang hebat dan luar biasa begitu pula dengan pemimpinnya yang tak kalah hebat dan luar biasa.
          Makna great team di atas secara tersirat menunjukkan bahwa adanya sekelompok orang-orang yang menginginkan perubahan-perubahan atau tujuan yang hendak dicapai dengan gagasan-gagasan yang telah dipersiapkan, sehingga masing-masing memiliki persepsi yang sama dan dapat memahami pikiran pihak eksekutif organisasi.
          Dalam great team tidak harus banyak anggota, cukup hanya beberapa orang saja. Bisa empat sampai dengan lima orang atau sepuluh orang. Dengan kata lain, great team merupakan tim kecil yang khusus dengan orang-orang yang mampu memberikan gagasan, ide brilian, dan mampu menangkap ide yang diberikan pemimpinnya.


(dipublikasikan pada Jurnal Sabilarrasyad-Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan/ Volume III No. 01 Januari-Juni 2018)

0 Comments

Post a Comment